Sejarah Tentang Rumah Enterpreneur

Belajar & Berwirausaha

Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3i) membuat Rumah Entrepreneur untuk mahasiswa dan masyarakat sekitar kampus. Pembangunan Rumah Entrepreneur tersebut dimaksudkan, untuk menjadi wadah dan jembatan bagi mahasiswa ke dunia wirausaha.

Program Director Entrepreneurship Training Center LP3i Farizal Marzuki mengatakan, Rumah Entrepreneur memang sengaja dibangun untuk menjadi wadah para mahasiswa LP3i belajar berwirausaha. Menurut Farizal, akan sangat sulit mengajarkan wirausaha jika tak ada wadah untuk belajar langsung mengenai hal tersebut.

“Ibaratnya Rumah Entrepreneur ini piring untuk para mahasiswa menyantap segala ilmu mengenai kewirausahaan. Di sini para mahasiswa dapat belajar sekaligus membangun jaringan yang diperlukan untuk berwirausaha,” kata Farizal saat ditemui ROL pekan lalu.

Farizal mengisahkan Rumah Entrepreneur di desain khusus untuk LP3i dan seluruh cabangnya di Indonesia. Tak hanya sebagai wadah untuk berlatih kewirausahaan, LP3i juga menggunakan Rumah Entrepreneur sebagai jembatan untuk membangun network. Baik dengan masyarakat sekitar, perusahaan-perusahaan untuk distribusi barang, maupun kampus-kampus lain di luar LP3i.

Di Rumah Entrepreneur para mahasiswa dapat mengikuti coaching klinik dan diskusi seputar dunia usaha. Selain itu, para mahasiswa yang ingin belajar berwirausaha, menurut Farizal bisa mendapatkan barang-barang dari Rumah Entrepreneur.

“Rumah Entrepreneur itu tak menjual barang secara retail, tapi kita ini distributor atau pemasok. Misalnya ada mahasiswa yang ingin membuka toko di rumah bisa mendapatkan barang dari sini,” ujar Farizal.

Farizal menambahkan, Rumah Entrepreneur juga disediakan untuk membantu pengusaha-pengusaha kecil disekitar LP3i yang minim jaringan. Di sini Rumah Entrepreneur akan menjadi jembatan bagi mahasiswa atau pengusaha kecil dengan dunia luar, untuk mengembangkan usahanya.

Untuk saat ini Rumah Entrepreneur baru ada di empat tempat di Jabodetabek, diantaranya LP3i Pusat di Kramat Raya, LP3i cabang Pondok Gede, Ps. Minggu, dan Depok. Serta satu Rumah Enterpreneur di luar Jabodetabek, yakni di LP3i cabang Tegal.

“Tahun depan rencananya Rumah Entrepreneur akan dibuka serentak di seluruh cabang LP3i di seluruh Indonesia,” kata Farizal.(adv)

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *